Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | DAFTAR NAMA LOLOS SELEKSI PENGAWALAN/PENDAMPINGAN APBN-P 2017 | SemNas : Mau Dibawa Kemana Penyuluhan Pertanian Indonesia | Rachmad Adi Riyanto, alumni Bidikmisi UNS lulus “ Distinction ” di Inggris | REKRUITMENT UPSUS HORTI 2017 | FAPERTA Gandeng Alumni, Bekali Mahasiswa Agar Sukses Di Dunia Kerja |

FAPERTA Kembangkan Jatikuwung sebagai Sentra Pepaya Cikita

Pengabdian masyarakat merupakan bagian integral tri dharma perguruan tinggi yang dalam pelaksanaannya tidak terlepas dari dua dharma yang lain serta melibatkan segenap sivitas akademik: dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan serta alumni. Melalui pengabdian masyarakat, Fakultas Pertanian UNS hadir ditengah-tengah masyarakat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa. Seiring dengan perkembangan dunia teknologi yang begitu cepat, Fakultas Pertanian UNS telah menggandeng berbagai institusi untuk  berkolaborasi dalam pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh sivitas akademika untuk berkarya bersama membangun masyarakat.

Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-41 UNS, Fakultas Pertanian merancang pengabdian masyarakat di Desa Jatikuwung, Gondangrejo, Karanganyar dengan melibatkan Pemda Karanganyar, KOREM 074 Warastratama, PT Sinar Mas dan tidak ketinggalan Keluarga Alumni Fakultas Pertanian UNS (KAFP UNS). Pengabdian dilaksanakan Sabtu, 8 April 2017 di area Laboratorium Jatikuwung, Kecamatan Gondangrejo Karanganyar.

Dengan mengangkat tema “Optimalisasi Pemanfaatan Lahan di Desa Jatikuwung, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar” Pengabdian dihadiri Camat Gondangrejo, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karanganyar, wakil dari KOREM 074 Warastratama, wakil dari PT. Sinar Mas serta Ketua Alumni FP UNS.  Pada pengabdian kepada masyarakat kali ini Fakultas Pertanian membagikan kepada masyarakat dan kelompok tani berupa bibit tanaman cabai dan pepaya varietas Cikita untuk dikembangkan dan dibudidayakan di lahan pekarangan dan kebun.

Camat Gondangrejo Budi Supriyono, SH dalam sambutannya sangat mengapresiasi langkah Fakultas Pertanian UNS membantu masyarakat di Jatikuwung untuk mengembangkan dan membudidayakan pepaya Cikita dan cabai. “Dengan mengadopsi konsep pembangunan Solo Baru, nantinya kawasan Gondangrejo akan dikembangkan menjadi Solo Anyar dengan ciri khas INTAN PARI nya Karanganyar yaitu pertanian dan pariwisata” demikian dikemukakan Camat Gondangrejo

“Dengan bantuan UNS khususnya Fakultas Pertanian konsep Solo Anyar diharapkan dapat terealisasi” lanjut Camat Gondangrejo.

Sedangkan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Karanganyar, Ir. Supramnaryo, MM mengharapkan agar  UNS tetap melakukkan pendampingan kepada petani dan masyarakat sehingga upaya budidaya pepaya cikita dan cabai di masyarakat Jatikuwung dapat berhasil. “Kedepannya diharaphan hasil dari komoditas pepaya Cikita mampu memasok kebutuhan masyarakat utamanya dapat memenuhi kebutuhan konsumsi hotel di Soloraya” demikian diungkapkan Supramnaryo.

Pada pengabdian kepada masyarakat tersebut secara simbolis diserahkan bantuan bibit tanaman pepaya Cikita dan cabai kepada masyarakat dan kelompok tani di Jatikuwung, Kecamatan Gobdangrejo. Kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon oleh Camat Gondangrejo, Kepala Dinas Pertanian, Dekan FP UNS serta tamu undangan lainnya, di area yang nantinya dikembangkan menjadi kawasan Agrowisata dan Arboretum.