Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | Faperta UNS Fasilitasi Sekolah Tani Digdaya Muda | Pakar Ekonomi Pertanian Belanda Sampaikan Kuliah Umum di FAPERTA | FAPERTA Lepas Mahasiswa Asal Malaysia dan Vietnam Peserta Program AIMS | Kesempatan Berkarir di PT. AGRICON | Prodi Agribisnis Susun SAR AUN QA |

FAPERTA Juarai Kalijaga Innovation and Research Competition (KIST) 2016 Tingkat Nasional

Tiga aktivis mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (FP UNS) Surakarta berhasil meraih gelar juara 1 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional bertajuk Kalijaga Innovation and Research Competition (KIST) 2016 yang diselenggarakan oleh Forum Kajian Islam dan Sains Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (FKIST UIN Suka) Yogyakarta pada Sabtu, 27 Februari 2016. Dalam final KIST 2016, tim UNS bersaing memperebutkan gelar terbaik dengan 9 Finalis lainnya yang berasal dari berbagai kampus di seluruh Indonesia di antaranya Insitut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Jambi (UNJA), Universitas Jenderal Soedriman (UNSOED), dan Universitas Jember (UNEJ). Atas prestasinya ini tim yang diketuai oleh Adie Bayu Putra (Agroteknologi 2013/Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FP UNS) dan beranggotakan Amirahanin Nafiah (Ilmu dan Teknologi Pangan 2013/Kepala Bidang Kemuslimahan Forum Ukhuwah dan Studi Islam (FUSI) FP UNS) dan Muhammad Luthfi Khoiruddin (Agribisnis 2013/Kepala Bidang Pembinaan FUSI FP UNS) berhak atas hadiah berupa piala, sertifikat dan uang pembinaan sebesar Rp2.000.000,00. Kemenangan ini merupakan kemenangan ke-3 yang berhasil diraih oleh tim FP UNS setelah sebelumnya berhasil menjadi Juara 1 LKTI Meenologi POLINES dan Juara harapan 2 LKTIN HM AN UNSOED di tahun 2015.

Dalam LKTIN KIST 2016 ini, tim FP UNS mempresentasikan karya tulis dengan judul “Pengembangan Beras Analog Organik berbasis Pangan Lokal melalui Pertanian Organik yang Ramah Lingkungan sebagai Solusi Ketahanan Pangan Nasional dan Krisis Lingkungan di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN”. Karya tulis ini dilatarbelakangi semakin meningkatnya kebutuhan pangan nasional yang tidak diimbangi dengan produksi pangan yang cukup sehingga beresiko terjadinya krisis pangan, sementara praktek pertanian konvensional yang dilakukan saat ini juga berpotensi semakin merusak lingkungan. Karya tulis ini berhasil menjadi yang terbaik dari 354 karya yang masuk dalam kompetisi ini.

KIST 2016 merupakan kompetisi karya ilmiah tingkat nasional yang ditujukan untuk seluruh mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia. Kompetisi ini bertujuan untuk memberikan peluang bagi generasi muda dari kalangan mahasiswa untuk dapat menuangkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam menghadapi permasalahan lingkungan yang ada. Tema besar dalam kompetisi ini adalah “Science and Technology to Save Our Environment”. Adapun urutan juara dalam kompetisi ini adalah sebagai berikut: Juara 1 Universitas Sebelas Maret (UNS), Juara 2 Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), dan Juara 3 Institut Pertanian Bogor (IPB). Hasil ini membuktikan bahwa menjadi aktivis organisasi kemahasiswaan tidak menutup peluang untuk bisa memenangkan kompetisi keilmiahan tingkat nasional.