Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | UNS hadirkan Penyuluh Pemerintah dan Perusahaan | Wirausaha Muda Mandiri : Tampil Beda | User Prodi Diploma Tiga Agribisnis : Alumni Diploma Tiga Mempunyai Skill dan Sikap Mental Yang Baik | UNS SERIUS KEMBANGKAN SENTRA PISANG DI JENAWI | Den Cokip, Paduan Cokelat dan Intip Karya Mahasiswa FP UNS |

FAPERTA Jadikan Jenawi Sentra Pisang

Fakultas Petanian Universitas Sebelas Maret, Kamis 7 April 2016 menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dilaksanakan segenap Civitas Akademika Fakultas Pertanian UNS masih merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka Dies Natalis UNS ke-40 atau Lustrum VIII. Dengan mengangkat tema “Pemberdayaan Masyarakat di Sentra Petani Pisang di Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar Pisang Bersemi Jenawi Berseri” merupakan hasil kerjasama Fakultas Pertanian UNS dengan Pemerintah Kabupaten Karanganyar untuk menjadikan Kecamatan Jenawi menjadi sentra pisang.

Seperti diketahui bahwa Fakultas Pertanian UNS sebelumnya telah ditunjuk sebagai pendamping atau fasilitator terkait rencana Pemkab Karanganyar menjadikan Kecamatan Jenawi sebagai sentra pisang. Beberapa langkah sudah dilaksanakan  antara lain  pembibitan tanaman pisang yang berkualitas seperti pisang Ambon, pisang Rojo, pisang Kepok, serta pisang varietas Semar (singkatan dari Sebelas Maret ). Fakultas Pertanian juga telah  melakukan riset aksi untuk mengetahui permasalahan apa yang dihadapi warga ketika menanam pisang, soal pembibitan, pasca panen dan lainnya.

            Pengabdian Masyarakat dilaksanakan di halaman Kantor Kecamatan Jenawi dihadiri Rektor UNS, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Karanganyar, Dekan Fakultas Pertanian UNS, Camat Jenawi dan unsur Muspika yang lain. Penanaman pohon pisang secara simbolis dilakukan oleh Bupati Karanganyar Drs. Juliyatmono, MM dilanjutkan Rektor UNS Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS, Wakil Bupati Ir. Rohadi serta Dekan FP UNS Prof. Dr. Ir. Bambang Pujiasmanto, MS  menandai dimulainya pencanangan Kecamatan Jenawi sebagai sentra pisang di wilayah Kabupaten Karanganyar. Dalam pengabdian tersebut juga dimeriahkan berbagai  kegiatan antara lain : Pelatihan Prospek Pengembangan dan Bisnis Pisang; Lomba Mewarnai dengan tema “Pisang Bersemi di Jenawi” diikuti oleh anak-anak TK se-Kecamatan Jenawi dan dilanjutkan Lomba Memasak Berbahan Baku Buah Pisang oleh ibu-ibu PKK di lingkungan Kecamatan Jenawi.

Ketua Panitia Pelaksana Agung Wibowo, SP, M.Si mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya pengabdian selain menjadikan Kecamatan Jenawi sebagai sentra pisang antara lain juga membangun jejaring dengan masyarakat dalam pengembangan program-program pembangunan di bidang pertanian.