Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | SemNas : Mau Dibawa Kemana Penyuluhan Pertanian Indonesia | Rachmad Adi Riyanto, alumni Bidikmisi UNS lulus “ Distinction ” di Inggris | REKRUITMENT UPSUS HORTI 2017 | FAPERTA Gandeng Alumni, Bekali Mahasiswa Agar Sukses Di Dunia Kerja | FAPERTA Motivasi Alumni Menjadi Entrepreneur Muda |

FAPERTA Hadirkan Pakar Pertanian Korea Selatan

Kamis, 6 Juli 2017 Fakultas Pertanian UNS menghadirkan Prof. Yoon Seong Tak, PhD seorang pakar pertanian dari Bioresouce Science Dankook University Korea untuk memberikan kuliah umum dihadapan mahasiswa dan dosen fakultas pertanian.  Kuliah umum ini merupakan  salah satu implementasi dari beberapa keepakatan kerjasama  antara Fakultas Pertanian UNS dengan  Bioresouce Science Dankook University   yang telah mulai dirintis sejak tahun 2011 yang lalu.

 

Dengan mengangkat topik “Kondisi Pertanian di Korea Selatan” kuliah umum di hadiri mahasiswa dan dosen  Prodi Ilmu Tanah.  Dalam kesempatan tersebut Prof  Yoon menyampaikan  bahwa jumlah tenaga kerja di sektor pertanian di Korea mengalami penurunan yang begitu tajam. Pada tahun 1970 jumlah pekerja sektor pertanian sebesar 45,9 % sedangkan pada tahun 2015 tinggal 5,1 % dari total jumlah penduduk yang bekerja.

 

Sedangkan untuk keadaan tanah yang subur yang berpotensi untuk ditanami seluas 23 %  pada tahun 1970, sedang pada tahun 2015 hanya 16,8 % dari luas wilayah.  Demikian pula pada konsumsi pola makan terjadi perubahan yang awalnya masyarakat Korea mengkonsumsi nasi, sedangkan sekarang berubah mengkonsumsi buah, sayuran, daging dan susu, demikian ditambahkan Prof Yoon Seong Tak.