Info Pertanian: FP UNS Selenggarakan Konferensi Internasional dan Ekshibisi Powder Technology (ICePTi) 2019 | Seminar Kedaulatan Pangan sebagai Implementasi Nilai-nilai Pancasila | FAPERTA Gelar Agriculture Youth Leadership Camp 2019 | Daftar Peserta lulus audisi “Trainer Training Softskill 2019” | UNS Dorong Petani Temanggung Tingkatkan Mutu Kopi |

FAPERTA Gelar Agriculture Youth Leadership Camp 2019

Kamis, 1 Agustus 2019 Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian menghelat Seminar Nasional dengan mengangkat tema “ Optimalisasi Peran Generasi Muda Untuk Mewujudkan Pertanian Indonesia Mandiri di Era Revolusi Industri 4.0”. Seminar menghadirkan pembicara Ir. Gatut Sumbogodjati, MM (Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian RI); dan Nur Agus Aulia, S.Sos seorang pengusaha pemilik “Jawara Farm” di Serang Banten.

Dalam pemaparannya Gatut yang juga merupakan alumni Fakultas Pertanian UNS menyampaikan kondisi saat ini pertanian Indonesia.  Disampaikan Gatut bahwa sekarang ini semakin mengecilnya lahan pertanian akibat konversi lahan pertanian yang terus berlanjut; kelembagaan pertanian yang belum profesional; dan belum banyak generasi muda terjun dalam dunia pertanian.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, beberapa langkah telah dilaksanakan oleh pemerintah diantaranya adalah dengan program pengembangan dan penerapan mekanisasi pertanian; program SIWAB (sapi induk wajib bunting); serta inisiasi gerakan 1 juta petani mileneal berorientasi ekspor.

Nur Agis Aulia sebagai narasumber kedua dalam seminar ini lebih banyak memberikan motivasi dan tips berbisnis hingga bisa mencapai keberhasilan sebagai pemilik  “Jawara Farm” yang bergerak dibidang tani dan ternak.

Kegiatan seminar nasional ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Agriculture Youth Leadership Camp 2019 (AYLC 2019)  dengan tema “Pramukya Luhur, Ambek Adil Paramarta” yang telah dimulai sejak 31 Juli hingga 4  Agustus 2019 mendatang.

Galuh sebagai panitia AYLC 2019 bidang humas mengemukakan “Agriculture Youth Leadership Camp (AYLC) 2019 merupakan transformasi dari acara LKMM IBEMPI yang dilaksanakan setiap tahun secara bergilir di kampus-kampus seluruh Indonesia”.

“Diikuti oleh puluhan delegasi BEM dari PTN dan PTS dari bentang Pulau Sumatera hingga Nusa Tenggara, tahun ini Kota Solo dan Universitas Sebelas Maret mendapat kehormatan sebagai tuan rumah dalam menyambut semangat kawan-kawan delegasi fakultas pertanian dari berbagai universitas di daerah tersebut”.

“AYLC 2019 berisikan agenda seminar nasional, LKMM, dan field trip Kota Solo, kegiatan ini juga merupakan suatu paket pembinaan kepemimpinan dan organisasi yang disusun secara sistematis dan terarah di bawah naungan Ikatan BEM Pertanian Indonesia (IBEMPI)”.