Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | Mahasiswa Fakultas Pertanian Raih Juara Business Plan Tingkat Nasional | Miris Lahan Pertanian di Negeri Agraris, Alumni FUSI FP UNS buat Yayasan Agrowakaf dengan semangat Gerakan Sejuta Harapan (Sejuta Hektar Lahan Pertanian) | Talk Show Membangun Jiwa Wirausaha Muda Inovatif dan Kreatif | Dilema dan Problematika Penyuluhan Pertanian di Indonesia | Mahasiswa FP UNS Latih Wanita Tani Ciptakan Aneka Produk Makanan Lokal |

FAPERTA Gandeng Alumni, Bekali Mahasiswa Agar Sukses Di Dunia Kerja

Career Development Center (CDC) Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret, Jum’at 25 Agustus 2017 menggandeng alumni untuk memberikan pembekalan dunia kerja kepada mahasiswa dalam rangka peningkatan daya saing SDM di era MEA (Masyarakat Ekonomi Asean).

Bentuk kegiatan pembekalan dunia kerja adalah dengan penyelenggaraan  seminar karir  yang menghadirkan narasumber alumni Fakultas Pertanian UNS yang telah sukses dibidangnya.

Kunto Adi. SP. MP, Ketua CDC Fakultas Pertanian UNS dalam sesi pembukaan mngemukakan bahwa seminar karir bagi mahasiswa merupakan agenda rutin CDC Fakutas Pertanian dengan harapan agar mahasiswa mempunyai wawasan serta bekal yang cukup sehingga siap terjun di dunia kerja.

 

“Dalam seminar karir periode I tahun 2017 ini, CDC menghadirkan tiga narasumber yang berbeda, dari unsur perbankan, jurnalis dan birokrat. Tujuannya adalah agar mahasiswa dapat menggali lebih banyak informasi mengenai dunia kerja yang ada, “ demikian ditambahkan R. Kunto Adi.

Seminar karir menghadirkan narasumber Ir. Arif Budisusilo (Jurnalis dan Pemred Bisnis Indonesia),  Ir. Budi Suryono (Pimpinan BNI), Ir. Dyah Rilawati, M,Si (  Kepala Bidang Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Sukoharjo).

 

Dalam pemaparannya Arif Budisusilo mengajak mahasiswa dan alumni Fakultas Pertanian UNS agar tidak berkecil hati dan tetap semangat, karena alumni Fakultas Pertanian dapat berkarir di banyak sektor dan bidang, termasuk dirinya yang sekarang menggeluti bidang jurnalistik.

 

“Alumni jangan pernah takut untuk berkarir di dunia kerja manapun, yang penting alumni harus bisa menunjukkan sikap profesional, integritas dan komitmen yang tinggi di bidang yang digelutinya” kata Arif.

 

Arif juga berbagi tips sukses dalam dunia kerja yaitu alumni harus mempunyai Hard Skill, Soft Skill (Perilaku, kebiasaan, integritas) , Interpersonal Skill, Communication skill, serta Mentality yang baik.

Sementara narasumber yang lain Budi Suryono dan Dyah Rilawati juga membagikan tips dan trik dalam memasuki dunia kerja serta berbagi pengalaman dalam menempuh karir masing-masing.