Agriculture Info: FAPERTA Evaluation of PBM |

KPPMF

Sekapur Sirih

Penelitian ilmiah adalah dimensi penting penunjang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), dimana perkembangnya pada akhir-akhir ini mendapat perhatian khusus dari perguruan tinggi (PT). Setelah sempat “terlena” dengan aktivitas yang meberikan bobot yang besar pada pengajaran saja, akhir-akhir ini perhatian PT mulai tertuju pada bagaimana penelitian juga harus menda-pat porsi utama. Penelitian penting karena melaluinya eksplorasi terhadap pengeta-huan baru dapat dilakukan, menghasilkan tenaga peneliti, serta memutakhirkan penge-tahuan dan kemampuan di bidang ilmu dan teknologi agar PT mampu menghimpun, mengalihkan, menyebarkan, dan menerapkan IPTEK.

Koordinator Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat Fakultas merupakan suatu wadah informasi mengenai penelitian dan pengabdian di tingkat fakultas,yang  selanjutnya adalah perbaikan proses penelitian, pengabdian masyarakat dan publikasi. Pada saat  ini, yang pertama dan utama dilakukan adalah menyusun peta jalan (roadmap) penelitian dan membentuk rumpun penelitian( “peer research”) di tingkat fakultas. Kemudian diberikan juga peningkatan insentif serta peningkatkan kuantitas maupun kualitas hibah penelitian, publikasi dan pengabdian masyarakat. yang kemudian adalah pemenuhan harapan ‟konsumen‟dengan mengintegrasikan penelitian dalam perkuliahan (kurikulum dan skripsi). Sedangkan yang terakhir terkait dengan persiapan untuk paten dan komersialisasi, melalui penciptaan produk unggulan yang bisa diadopsi oleh industri/pasar, serta mengusahakan paten atas produk penelitian.

  Kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun , kiranya ini dapat bermanfaat bagi semua kalangan yang membutuhkannya.