Info Pertanian: Mahasiswa FP UNS Raih Medali Emas di Ajang World Invention and Technology Expo | Mahasiswa FP UNS Raih Juara LKTI, Berkat Inovasi Teh dari Kulit Ari Kacang Hijau | Motivasi Mahasiswa di Dunia Karir dan Bisnis, FP UNS Hadirkan Para Profesional | Inisiasi Gerakan Ibu Rumah Tangga Peduli Sampah, Mahasiswa FP UNS Raih Juara Nasional | Kuliah Umum : “AIM” Pola Berfikir Kreatif Ala Pengusaha |

Dukung Pertumbuhan Agrosociopreneur Bidang Pertanian, Petrokimia Gresik Sambangi FP UNS

 

Rabu, 18 September 2019 PT. Petrokimia Gresik hadir di kampus Fakultas Pertanian UNS dalam rangka melakukan road show di beberapa kampus dengan tajuk “Petrokimia goes to campuss” Jambore Petani Muda 3. Road show dilakukan dalam rangka mendukung Regenerasi Petani serta perkembangan ‘Agrosociopreneur’ di Indonesia, PT Petrokimia Gresik sebagai Solusi Agro Industri dan salah satu anggota holding dari PT Pupuk Indonesia Holding Company melakukan roadshow Sahabat Petani Fest dan CEO Talk bekerja sama dengan Fakultas Pertanian di 12 Universitas Ternama di Indonesia, yaitu UGM, IPB, UNSOED, UB, UNPAD,  USU, UNILA, UNS, UNEJ, UNUD, UNHAS, dan UNIV. LAMBUNG MANGKURAT. Adapun tujuannya untuk mengajak generasi muda Indonesia bergabung dalam Gerakan Jambore Petani Muda 3 Petrokimia Gresik #PetaniMudaBisa.

Program Gerakan Jambore Petani Muda 3 Petrokimia Gresik #PetaniMudaBisa dilaksanakan berdasarkan kekhawatiran PT Petrokimia Gresik mengenai rendahnya minat dan partisipasi generasi muda di bidang pertanian, yang mana data dari BPS tahun 2018 mengenai survei antar sensus menyatakan bahwa lebih dari 65% Petani berumur di atas 45 tahun dan data sensus pertanian tahun 2013 menyatakan bahwa dalam 10 tahun jumlah Rumah Tangga Petani turun 20% atau hilang sebesar 15,6 juta. Sementara itu, berdasarkan data dari BPS tahun 2013, setiap tahun pertumbuhan penduduk Indonesia akan terus meningkat dan pertumbuhan penduduk tersebut berbanding lurus dengan kebutuhan pangan nasional, yang artinya peran serta generasi muda di sektor pertanian sangat dibutuhkan untuk mewujudkan kedaulatan pangan nasional. PT Petrokimia Gresik sebagai Solusi Agro Industri memberikan kesempatan bagi anak muda yang memiliki minat dan konsentrasi dalam memajukan sektor Pertanian di Indonesia dalam kegiatan Jambore Petani Muda 3.

Hadir sebagai pembicara dalam talk show di Fakultas Pertanian UNS adalah manager PP korporasi PT. Petrokimia Gresik, Trudo Hangoluan Dugo, SP, MM membawakan tema “Upaya PT. Petrokimia Gresik dalam Mempercepat Regenerasi Petani Muda”; Dekan Fakultas Pertanian UNS Prof. Dr. Samanhudi, SP, M.Si dengan tema “Peran Institusi Pendidikan dalam Upaya Mempersiapkan Generasi Penerus Agrosociopreneur”; Sofyan Adi cahya, Petani Muda Sukses Sayur Organik Merbabu dengan topik “Inspirasi Sukses, Tips, Strategi, Jatuh Bangun Membangun Perusahaan Sociopreneur Sayur Organik Merbabu”; dan Ganang Aziz Nurhuda, Chief of Community Development Agridaya dengan mengangkat tema “Startup Pertanian”. Antusiasme mahasiswa mengikuti talk show sangat tinggi mencapai lebih dari 250 peserta himgga memenuhi aula gedung B Fakultas Pertanian UNS.

Jambore Petani Muda adalah program tahunan yang diadakan oleh PT Petrokimia Gresik dalam mendukung upaya regenerasi petani di Indonesia. Pada tahun 2017, Jambore Petani Muda 1 dilakukan dengan menggandeng inisiator petani muda dari seluruh Indonesia untuk membentuk sebuah komunitas yang dapat memberikan inspirasi kepada petani muda lain di Indonesia. Kemudian pada tahun 2018, Jambore Petani Muda 2  kembali dilakukan dengan menggandeng Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian di Indonesia untuk mencari inovasi di bidang pertanian yang dapat memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat. Tahun 2019, PT Petrokimia Gresik kembali mengadakan kegiatan Jambore Petani Muda 3  dengan mengadakan serangkaian kegiatan, salah satunya adalah PT Petrokimia Gresik roadshow ke  Fakultas Pertanian pada 12 Universitas di Indonesia termasuk UNS.

Kegiatan Jambore Petani Muda 3 Petrokimia Gresik #PetaniMudaBisa diharapkan dapat mewadahi dan menciptakan anak muda menjadi suatu titik awal untuk memacu semangat dan pengembangan ‘Agrosociopreneur’ generasi muda di bidang pertanian, dengan PT Petrokimia Gresik sebagai wadah dalam menjembatani start up dan generasi muda sehingga bisa saling menyampaikan idenya. Hingga akhirnya para generasi muda tersebut tidak hanya memperoleh mentoring dari para CEO handal, namun juga dapat memperoleh investasi dan networking dengan para investor sehingga dapat mengimplementasikan bisnisnya untuk mengembangkan sektor pertanian Indonesia.