Info Pertanian: Aplikasi Nanopestisida Pada Cabai Merah Hasilkan Produk Melimpah | Teknologi Tepat Guna Getuk Keju Frozen | Lowongan Kerja Junior Agronomist | Seminar Nasional Peningkatan Produktivitas Ternak Tropis Terpadu Berkelanjutan di Era Revolusi Industri 4.0 | Kuliah Umum ‘HOW TO BE AN INTERNATIONAL SCIENTIST` A Story of The Development of Advanced Microwave Remote Sensing Technology’ |

Aplikasi Nanopestisida Pada Cabai Merah Hasilkan Produk Melimpah

 

Tim pengabdian kepada masyarakat Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret yang terdiri dari Prof. Dr. Ir. Hadiwiyono, MS; Dr. Ir. Puji Harsono, MS, serta dibantu beberapa mahasiswa melaksanakan kegiatan ‘Pembuatan Demplot Budidaya cabai Merah dengan Aplikasi Nanovirusida”.

Kegiatan demplot ini dilaksanakan dengan sasaran mitra pada kelmpok tani Sidoluhur dan Kelompok WanitaTani Puteri Mandiri di Desa Cabeyan, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo. Pembuatan demplot dilaksanakan dalam kurun waktu 7 bulan dimulai bulan April sampai dengan Oktober 2019.

Ketua pelaksana pengabdian Prof. Hadiwiyono menyampaikan keberhasilan dengan metode aplikasi nanovirusida. “Pertanaman cabai merah yang diaplikasi dengan nanopestisida memberikan hasil lebih tinggi 17,57% dibandingkan dengan yang praktikan petani dengan pestisida kimia sintetik”.