Info Pertanian: FP UNS Selenggarakan Halal Bihalal Secara Online | Untuk Pertama Kalinya FP UNS Lepas Calon Wisudawan Secara Virtual | Surat Edaran Dekan FP UNS Tentang Pencegahan Covid-19 pada Fakultas Pertanian UNS | Hasil Rekrutmen Tenaga Pendampingan Program Prioritas Pembangunan Pertanian | Mahasiswa UNS Raih Juara Essay Tingkat Nasional |

Agribisnis FP Universitas Jambi Lakukan Field Trip di FP UNS

Senin, 9 Maret 2020 sebanyak 196 mahasiswa Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Jambi dengan didampingi sejumlah 12 dosen pendamping melakukan kunjungan lapang/Field Trip di Fakultas Pertanian UNS. Rombongan diterima dekanat, Kaprodi Agribisnis dan Kaprodi penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (PKP) serta tim kerjasama Fakultas Pertanian. Sambutan selamat datang disampaikan Dekan Fakultas Pertanian UNS Prof. Dr. Ir. Samanhudi, SP, M.Si, IPM dan dilanjutkan sambutan dari Fakultas Pertanian Universitas Jambi.

Dr. Fuad Muchlis, SP, M.Si  selaku kepala program Studi Agribisnis Universitas Jambi menyampaikan rasa hormat dan terima kasih atas penerimaan yang baik dan penuh suasana kekeluargaan yang ditunjukkan oleh Fakultas Pertanian UNS. Dalam sambutannya Dr. Fuad Muchlis mengungkapkan maksud dan tujuan dilakukannya kunjungan lapang/field trip di Fakultas Pertanian.

 

“Ini adalah salah satu hal yang harus dilalui oleh mahasiswa yang berkuliah di Fakultas Pertanian Universitas Jambi yang mengharuskan setiap mahasiswa harus melakukan field trip sebelum menyelesaikan studinya”.

“Agar mahasiswa mendapatkan pembelajaran dari tempat lain, harapannya mereka punya masukan dan wawasan yang lebih sehingga setelah kembali dari field trip motivasinya meningkat setelah membandingkan dengan tempat yang lain”.

“Sengaja hari ini kita kunjungi UNS Solo, karena kami melihat, kami menilai UNS merupakan salah satu Perguruan Tinggi Pertanian yang mempunyai  prodi Agribisnis yang cukup baik”.

Agenda selanjutnya adalah paparan dari dari wakil Dekan Bidang Akademik dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni mengenai materi akademik dan kemahasiswaan dan dilanjutkan dengan paparan Kepala Program Studi Agribisnis dan Kepala Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (PKP) dan dilanjutkan  KAMAGRISTA dan HM PELITA mengenai organisasi kemahasiswaan HMJ/Prodi.

Mahasiswa peserta kunjungan lapang cukup antusias dan tertarik dengan pemaparan para narasumber diantaranya mengungkapkan rasa ketertarikan dengan tata kelola kegiatan kemahasiswaan dan ORMAWA yang berada di Fakultas Pertanian UNS, bahkan salah satu peserta menyebut bahwa tata kelola kegatan kemahasiswaan tersebut belum didapatkan di fakultasnya yaitu mengenai TOT AMT, kaderisasi PKM dll.

Setelah selesai pemaparan materi di ruangan, selanjutnya peserta diagendakan untuk kunjungan lapang di beberapa mitra binaan Fakultas Pertanian UNS.