Info Pertanian: Jadwal Kegiatan Magang Mahasiswa | FP UNS Gembleng Mahasiswa Baru dengan Achievement Motivation Training (AMT) | FAPERTA Lepas Mahasiswa Peserta Internship Magang di Jepang | Usaha Pengembangan Kambing “Boerka” Sangat Prospektif | D3 Agribisnis Selenggarakan Makrab | FP UNS Seminarkan Hasil Penelitian Dosen dan Mahasiswa |

Adie Bayu Putra: Presiden BEM FP UNS Pertama dengan IPK Cumlaude

Adie Bayu Putra, mahasiswa program studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret angkatan 2013 resmi dilantik sebagai Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FP UNS pada hari Selasa, 5 Januari 2016. Abay, begitu dia dipanggil, merupakan Presiden BEM FP UNS pertama sepanjang sejarah yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan predikat CUMLAUDE yaitu dengan IPK terakhir (semester 5) 3,59, bahkan pada semester 1-nya Abay pernah meraih IP sempurna 4,00.

Putra kelahiran Ciamis, 26 Juli 21 tahun yang lalu ini sebelumnya beramanah sebagai Menteri Pertanian BEM FP UNS 2015 dan tercatat aktif sebagai ko-asisten beberapa mata praktikum di program studi Agroteknologi seperti Botani, Morfologi Klasifikasi Tanah, dan Mikrobiologi Pertanian. Di tengah kesibukan berorganisasi dan menjadi ko-asisten praktikum, mahasiswa yang bercita-cita menjadi pengusaha di bidang pertanian ini juga aktif dalam beberapa kompetisi bidang keilmiahan. Abay berhasil menjadi Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Meenology 2015 di Politeknik Negeri Semarang, Juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Kimia Universitas Negeri Semarang, dan Juara 5 Lomba Karya Tulis Nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Administrasi Negara Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Selain itu, Abay juga pernah dipercaya sebagai ketua KATALIS (program orientasi mahasiswa baru FP UNS 2015), ketua Achievement Motivation Training 2014, dan ketua Bakti Sosial BEM FP UNS 2014, serta mendapatkan kesempatan sebagai penerima Beasiswa Astra Toyota 2015 dan Penerima Bantuan Pendanaan Wirausaha dalam Program Mahasiswa Wirausaha 2015.

Pencapaian yang diraih Abay memberikan bukti bahwa aktivis mahasiswa juga tetap mampu memiliki prestasi yang baik di bidang akademik dan penalaran ilmiah yang diharapkan mampu menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk menjadi aktivis yang juga berprestasi cemerlang.